DIREKTUR BUKA PUASA BERSAMA ANAK PANTI ASUHAN


Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Mengapa? karena bulan ini pertama kali kitab Al-Quran di turunkan, seperti yang tertulis di dalam Q.S Al- Baqorah 185 bahwa Allah memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Quran, ujar ustad ubaydillah mengawali tausyiahnya pada acara buka puasa bersama anak yatim yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Bidikmisi Politeknik Negeri Pontianak. Lebih lanjut diungkapkannya, khusus di bulan ini amal kebaikan umat muslim mendapat berkah pahala yang berlipat ganda. Oleh sebab itu, kita harus fastabkulkhairat (berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan) . Dan finish dari perlombaan itu jika kita melakukannya dengan iman dan ikhlas semata-mata mengharap ridho Allah maka kita akan mendapatkan  medali takwa dari Allah SWT. Untuk itu ungkap ustad Ubaydillah,  kita harus mempersiapkan diri dengan program di bulan ramadhan agar menjadi acuan kita untuk meraih kemenangan tersebut.
Ustad Ubaydillah mengemukakan bahwa bentuk program di bulan ramadha itu, antara lain puasa. Dijelaskannya, hukum puasa di bulan ramadhan wajib bagi setiap muslim.  Allah Swt berfirman dalam (Q.S Al-Baqorah: 183) yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Jika kita melakukannya dengan iman dan ikhlas hanya karna Allah Swt, maka akan di ampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Namun banyak diantaranya yang berpuasa namun tidak mendapatkan pahala apapun kecuali hanya lapar dan haus, karena tidak mengetahui manfaat (fadilah) dari berpuasa. Jadi kita harus dilandasi ilmu, keimanan, dan ketakwaan untuk melakukannya, ungkapnya.
Yang berikutnya adalah shalat Qyamul lail yang biasa disebut dengan terawih. Diutarakannya, jika dilakukan dengan keimanan bukan karena riya’ atau sekedar adat kebiasaan, maka bisa medatangkan magfirah dan bisa menggugurkan semua dosa. Ustad Ubaydillah mengutip hadis H.R. Abu Hurairah ra yang mengatakan “ Barang siapa yang melakukan qiam (lail) pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala maka diampuni dosanya yang telah lalu”. Berikutnya program yang dilaksanakan adalah Infak dan sedekah. Keutamaan dari bersedekah diantaranya dijauhkan dari api neraka dan dapat menghapus dosa “sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi). Dikatakannya, sedekah dapat membebaskan kita dari azab kubur, seperti diungkapkan HR. Thabrani bahwa Rasulullah SAW bersabda “ sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”. Diutaraka terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang suka besedekah.


Program berikutnya adalah Tilawah, bahwa dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan adalah amalan yang paling banyak menghasilkan pahala di bulan Ramadhan. Karena setiap hurufnya 10 kali lipat dari hari biasa. Jadi luar biasa aliflamim itu tiga huruf jika di hari biasanya pahalanya 30, sedangkan di bulan Ramadhan 10 kali lipat dari itu jadi 300. Dan Al-Quran adalah syafaat/penolong terbaik di hari nanti . jadi perbanyaklah membaca AL-Quran di bulan yang penuh keberkahan ini, ungkapnya. Selain itu, i’tikaf ( berdiam diri di dalam Mesjid sambil berzikir kepada Allah, zikir ( ingat kepada Allah). Dengan berzikir kita tidak hanya di janjikan pahala tetapi juga dapat mempermudah masalah kehidupan. “ jika satu dzikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramadhan ia akan berlipat ganda pahalanya” (Q.S Az-Zumar :10). Yang terakhir ungkap ustas Ubaydilah adalah Bershalawat yang merupakan bukti cinta kita kepada nabi Muhammad SAW. Hal ini didasari dalam H.R. Wasa’il al-syiah yang mengatakan “Barang siapa yang banyak bershalawat kepada ku dibulan ini, maka Allah akan memberatkan timangannya pada hari ketika banyak timbangan menjadi ringan”. Dan dijelaskan H.R. Muslim, “barang siapa yang bershalawat kepadaku 1 kali maka Allah bershalawat kepadanya 10 kali”.
Di akhir tausyiahnya, ustad Ubaydillah mengatakan bahwa beruntunglah bagi kita yang masih Allah pertemukan dengan bulan yang penuh dengan rahmat dan keberkahan ini, maka sepatunya bagi kita memanfaatkannya dengan target-target yang sudah tersusun. Diungkapkannya, banyak sekali manusia penghuni kubur menyesal, dimasa hidupnya melalaikan waktunya di bulan Ramadhan.  Jika Allah berkehendak membangkitkn para penghuni kubur untuk merasakan keagungan Ramadhan walau hanya 1 malam sungguh mereka akan berkata kepada kita “ JANGAN PERNAH MENYIA-NYIAKAN SATU DETIK PUN DIBULAN RAMADHAN”. Bukan satu hari , bukan satu jam, tetapi setiap detiknya dari bulan Ramadhan. Mereka sangat memuliakan bulan Ramadhan, karena tidak ada yang mengetahui keagungannya kecuali para penghuni kubur.
Buka puasa bersama ini dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Pontianak. Dalam kesempatan itu, Direktur menyerahkan bingkisan kepada ustad dan menyerahkan bingkisan  untuk anak yatim piatu berupa sembako berupa: beras, mie, minuman, telur, gula, minyak goreng/makan, pasta gigi, sabun mandi dan uang yang diberikan perindividu anak panti serta pengurus. Jumlah anak panti yang hadir sebanyak 64 orang dan pengurus panti 5 orang. Buka puasa bersama dilaksanakan diselasar gedung utama, Jum’at 25 Mei 2018.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)


Baca Juga...


  • SEMINAR NASIONAL TEKNIK ARSITEKTUR, URBAN DAN PEMUKIMAN (SENTARUM) 2018

    Kota yang beridentitas merupakan kota yang selalu menjaga dan melestarikan warisan yang dimilikinya. Keunikan dan kekhasan suatu kota dapat muncul dari segi adat istiadat, Sosial-budaya, dan juga faktor bentang alam yang dimilikinya.Suatu kota atau kawasan akan terus mengalami

  • POLNEP MEMBUKA KELAS INTERNASIONAL

    Dalam upaya mencapai visi 2020 yaitu Politeknik Negeri Pontianak sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional, mulai tahun 2018 akan membuka kelas internasional/International Class Program (ICP).

  • POLNEP LAKSANAKAN WORKSHOP VERIFIKASI TUK

    Kegiatan workshop ini merupakan rangkaian kegiatan LSP Polnep  mengembangkan lisensi skemanya dalam rangka untuk menguji kompetensi mahasiswa Polnep. Tahun ini (2018) direncanakan dan sedang dalam proses 13 skema baru semoga saja lancar dan segera mendapatkan lisensi, ujar

  • DIREKTUR MELEPAS CALON JAMAAH HAJI POLNEP

    Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi saudara-saudara kita calon jamaah haji pegawai Politeknik Negeri Pontianak, karena atas panggilan Allah Swt. akan berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci mekah, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha mengawali

  • DIREKTUR LAKUKAN PERTEMUAN DENGAN PLN CABANG PONTIANAK

    Melihat kondisi listri akhir-akhir ini, Direktur Politeknik Negeri Pontianak lakukan gerak cepat melakukan pertemuan dengan pihak PLN Cabang Pontianak di ruang kerjanya baru-baru ini, Kamis, 26 Juli 2018. Sebagaimana diketahui, belakangan listrik di lingkungan Politeknik Negeri

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143