YUDISIUM JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN POLNEP


“Lulusan Berkualitas Siap Kerja”

Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) menggelar yudisium bagi 156 lulusan di Hotel Mercure, Jl Ahmad Yani Pontianak, Selasa, 29 Agustus 2017. Kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk akuntabilitas jurusan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan Barat.
“Dalam era globalisasi ini, alumni kami menghadapi tantangan jauh lebih keras dan komplek di dunia kerja. Karena itu, kami sebagai lembaga telah berusaha membekali bidang keilmuan dan praktek. Tak hanya itu, para alumni pun kami ikutkan dalam uji kompetensi,” jelas Ir HM Toasin Asha MSi, Direktur Polnep, kemarin.
Menurutnya, pada jurusan sipil terdapat sembilan bidang kompetensi. Ujian akan dilakukan lembaga sertifikasi profesi yang sudah disertifikasi dan berlisensi. “Sesuai minat lulusan, bidangnya apa. Mau banyak juga tidak apa. Yang lulus kompetensi dapat sertifikat, yang belum lulus ikut uji kompetensi kembali, tentunya melalui pelatihan lagi,” ujarnya.
Sementara itu, Indah Rosanti SST MT, Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Polnep menyampaikan, lulusan tahun ini terdiri dari 92 Sarjana Sains Terapan Prodi Perencanaan Perumahan dan Pemukiman, serta 64 D3 Prodi Teknik Sipil. IPK tertinggi diraih Trisno (S1; 3,76) dan Jannen Sitanggan (D3; 3,63). “Para lulusan ini kami serahkan pada direktur untuk diwisuda pada 20 September, mendatang,” katanya.

                              
Para lulusan wajib ikut uji kompetensi untuk dapat sertifikat kompetensi keahlian dari BNSP melalui LPS 1 Polnep pada 11-29 September. “Bangsa Indonesia menunggu karya Anda (para lulusan) untuk bangkit menjadi bangsa besar. Yudisium ini punya arti penting; karena masyakat, bangsa, dan negara mendapatkan kembali putra/i terbaik yang telah menjadi putra/i terdidik, terlatih, dan kompeten dari kampus terbaik untuk mengabdikan dirinya,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Indah pun menyampaikan prestasi nasional yang berhasil diraih mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan pada tahun 2017. Beberapa diantaranya: Tim Khatulistiwa Concrete masuk lima besar terbaik Innovation of High Strength Green Concrete Compettition di Jogjakarta; Juara 1 lomba kuat beton nasional di Medan, Juara 3 teknik survei kondisi jalan dan verifikasi dana jalan nasional di Bandung; serta Juara 1 daerah, Juara 3 nasional, dan 10 besar internasional lomba catur.
“Insya Allah, tahun ini juga, kami mengirimkan dua tim dalam lomba tingkat nasional rancang bangun rangka atap baja ringan di Bali, serta rangka jembatan baja canai dingin dan bangunan gedung baja di Malang. Mohon doa restunya agar tim kami lolos di final,” katanya.
Selain itu, pada 13-20 Oktober 2017, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Polnep kembali menggelar salah satu agenda tahunannya, yaitu Expo Engineering 2nd. “Kami juga dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan himpunan mahasiswa jurusan teknik sipil se-Indonesia pada tahun 2018,” pungkasnya.
(Erwandi – Pranata Humas Muda)




Baca Juga...


  • DORONG MAHASISWA JADI WIRAUSAHA

    Staf Ahli Menristekdikti : “Wirausaha Indonesia Siap Tantang Ekonomi Global” Setelah Malang, tahun ini Politeknik Negeri Pontianak berkesempatan menjadi tuan rumah acara Expo Kewirausahaan (KMI) VIII. Kegiatan yang digelar sejak 22 sampai 26 November dengan jumlah

  • EXPO KMI DIBUKA DI POLNEP HARI INI

    Power & Harmony in Diversity   Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) VIII tahun 2017 dibuka hari ini, 23 November 2017, bertempat di Politeknik Negeri Pontianak. Event bergengsi nasional tersebut diikuti 97 perguruan tinggi se-Indonesia, sesuai hasil saringan

  • WISUDA AK PDD SINGKAWANG POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

    Direktur: “Polnep berusaha mewujudkan AK Singkawang mandiri” Penyelenggaraan Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas (AK) di Kota Singkawang telah melalui proses panjang dan sudah memasuki pelaksanaan tahun ke-5, yang dimulai pada tahun 2012 dan

  • PENANDATANGAN MoU POLNEP DAN ASOSIASI KONSULTAN PAJAK PUBLIK INDONESIA (AKP21)

    Kita bersyukur pada hari ini , 9 November 2017,  telah ditandatangani MoU antara Politeknik Negeri Pontianak dengan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) yang merupakan payung hukum dan diharapkan secara teknis berbagai kegiatan ke depan berjalan lancar. Sebagai

  • DIREKTUR PIMPIN RAPAT KERJA EPKO 2017

    Kegiatan Rapat Kerja Teknis Evaluasi dan Pengukuran Kinerja Organisasi (EPKO) merupakan evaluasi kinerja organisasi di tingkat unit dan lembaga, ujang Direktur mengawali sambutannya. Pentingnya rapat ini adalah untuk melihat, mengevaluasi dan mengukur kinerja unit sebagaimana

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143

POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

  • Address: Jl. Akhmad Yani Pontianak
    78124, P.O BOX 1286
  • Email: kampus@polnep.ac.id
  • Website: www.polnep.ac.id
  • Telp/Fax: +62 0561 736180 / +62 0561 740143
SEO Reports for polnep.ac.id